#WeekendProject: Membuat Blog

Ini adalah catatan pertama dari proyek membangun sebuah niche blog yang ditujukan untuk mencari dollar. Aku kasih kode sandi #WeekendProject. Dan ini adalah project pertama yang aku tuliskan perkembangannya.

Hal pertama yang aku lakukan sebelum membuat blog, tentu saja menentukan tema atau niche. Karena aku ingin menggunakan Viglink sebagai sumber monetasi utama di #weekendproject blog, tentu aku melihat kategori yang ada di direktori-direktori tersebut. Tidak ada patokan kategori apa yang lebih baik, saya cari berdasarkan harga barang dengan nilai rata-rata 100$. Tujuannya sih sederhana, jika terjadi sales, fee-nya akan terasa lebih banyak.

Membuat blogSetelah itu cari keyword menggunakan Google Keywoard Planner. Aku membagi keyword ini menjadi tiga bagian, Keyword Umum (ex: Smaprthone Lumia) -> Long Tail (ex: Review Lumia 950) -> Action keyword (ex: Buy Lumia 950).

Setelah mendapatkan niche, tentu langkah berikutnya adalah mencari nama domain. Kalau aku, memilih nama domain disesuaikan dengan niche dari blog, karena tujuanku adalah membuat sebuah blog authority, kesesuaian nama domain dengan niche sangat penting.

Saat ini, mencari nama domain yang eye catchy sungguh sangat susah, aku menggunakan layanan domain suggestion namemesh.com untuk mencari inspirasi. Namemesh ini memberikan saran nama domain dengan berbagai kategori, short, extra, seo, fun, dll. Aku ambil di kategori SEO, biar kalau mau di SEO-kan lebih enak.

Setelah menemukan domain yang diinginkan, aku langsung membelinya di name.com. Tidak ada alasan khusus, hanya saja banyak domain-domainku disana, biar gampang aja ngaturnya.

Untuk engine blog, aku pilih WordPress, katanya sih karena sudah SEO friendly dan banyak plugins yang bisa digunakan. Tapi bagiku, penggunaan WordPress sebagai engine blog murni karena kebiasaan aja.

Oh ya, untuk hosting aku pilih di bluehost yang WordPress manage. Alasannya, aku ga bisa server dan pake WordPress, jadi ya biar agak mahal, tapi aku ga mikir optimasi servernya.

Udah itu dulu, kalau ada yang mau kasih saran dengan senang hati. Ini aku masih harus banyak belajar, masih hijau untuk mainan blog affiliate.

Iklan

4 tanggapan untuk “#WeekendProject: Membuat Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s