Membuat Blog: Bagaimana Aku Memulai

Ini sebenarnya tulisan lama yang pernah aku buat di tahun 2008, jaman dimana aku mulai pertama kali bikin blog dengan domain dan hosting berbayar. Entah kenapa, passion ku di dunia blog tidak hilang sampai saat ini. Ya meskipun setiap ketemu sama paman Alfredo Reinado dan ngobrolin tentang blog, aku selalu ditanya ‘ono duit e ra?’ tapi sampai saat ini, menulis selalu menjadi hal menggairahkan buatku.

Permasalahan yang biasa aku atau mungkin juga kalian temui adalah sedikitnya blog berbahasa Indonesia dengan kualitas konten yang bagus. Rata-rata, kalau ga copas ya SEO oriented-nya kelihatan banget.

Saya tidak akan menyalahkan hal itu, toh setiap blogger punya tujuan masing-masing.

Membangun sebuah blog, bagiku sama seperti membuat sebuah bisnis atau usaha, harus ada perencanaan dan modal. Jadi beginilah kira-kira yang aku lakukan sebelum membuat blog idWinPhone.

Atur tujuan

Ini sangat penting, seperti kata pepatah, hidup tanpa tujuan bagaikan berjalan di malam hari tanpa ada penerangan. Ngeblog pun juga begitu, jika kita tidak memiliki tujuan, maka bisa dipastikan blog kita tidak memiliki arah yang benar dan akan berpengaruh pada aktifitas ngeblog kita.

Dengan mengatur arah dan tujuan, kita bisa melihat progress dari blog dan itu bisa dijadikan sebuah motivasi atau dasar untuk pengembangan blog di masa depan.

Contoh: tujuanku bikin blog idWinPhone adalah menjadi blog rujukan para pengguna Windows phone/mobile.

Tentukan tema blog

Hal ini sangat berhubungan dengan point pertama, jika kita sudah menetapkan tujuan dari blog, maka untuk mendapatkan sebuah tema blog akan jauh lebih mudah.

Mengapa perlu ada tema? Walaupun pada dasarnya blog merupakan sebuah media pribadi dan anda bebas memuntahkan semua ide ke dalam sebuah blog, tapi anda tidak boleh mengesampingkan bahwa blog merupakan teknologi Web 2.0. Artinya, blog bukanlah media satu arah yang hanya bisa memberi tanpa bisa menerima.

Dalam blog, pembaca merupakan hal vital, kita tidak mungkin mengacuhkan mereka. Memberikan tema tertentu merupakan salah satu daya tarik untuk menjaring pengunjung yang khusus juga. Dan tidak bisa dipungkiri, kita akan merasa senang jika blog kita dikunjungi oleh banyak orang.

Contoh: tema blog idWinPhone adalah pengalamanku menggunakan peranti mobile dengan sistem operasi Windows.

Sediakan waktu khusus

Ini penting! Sediakanlah waktu khusus hanya untuk ngeblog, kenapa? Salah satu kekuatan blog adalah tulisan yang berkualitas, tulisan yang berkualitas bisa dilahirkan jika kita konsentrasi pada tulisan tersebut. Konsentrasi membutuhkan waktu khusus.

Jadi buatlah waktu khusus untuk ngeblog, hal itu akan berimbas pada kualitas blog, blog akan update secara rutin, pengunjung juga akan senang dan earning akan naik.

Kalau aku sih gitu, kalau kamu?

Iklan

Satu tanggapan untuk “Membuat Blog: Bagaimana Aku Memulai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s