Sama seperti sebuah kehidupan, ngeblog juga memiliki fase-fase yang akan dilalui oleh blogger. Seringkali fase-fase inilah yang menjadikan mereka bisa tetap eksis atau keluar dari dunia blog selamanya.

Tak banyak teman blogger yang dulunya rutin menulis dan memberikan update di blognya, bahkan saat blog menjadi tren, ada seorang blogger yang bisa update tiap hari. Saat ini, blogger-blogger lawas tak banyak yang masih rajin update secara rutin.

Aku membagi fase dalam blogging dalam lima fase. Ini bukan sebuah observasi ilmiah, namun hanya observasi pribadi dari beberapa blogger yang saya kenal baik secara personal maupun hanya melihatnya melalui dunia maya.

Jadi inilah fase dalam blogging yang biasanya akan dialami oleh para blogger.

Penasaran

Aku pertama mengenal blog di tahun 2007, dan saat itu, saya yakin banyak pengguna internet yang penasaran dengan produk baru yang dilahirkan melalui internet. Bagaimana kita bisa menuliskan suatu opini atau apapun yang kita rasakan dan memperlihatkan nya di internet untuk bisa dibaca banyak orang.

Rasa penasaran sepertinya merupakan fitrah manusia, ketika rasa penasaran itu sudah terpenuhi, maka ada dua kemungkinan. Pertama, dia bosan dan berhenti ngeblog. Kedua, mencoba untuk mendapatkan kepuasan lebih.

Menikmati kepuasan ngeblog

Jika kemudian kalian memilih opsi kedua, kalian akan segera menemui fase berikutnya, yaitu menemukan atau menikmati kepuasan blogging. Kepuasan dari masing-masing blogger bisa saja berbeda, entah puas karena bisa membagikan konten atau tulisan yang bermanfaat bagi pembaca, puas karena pengunjung blog tiap hari makin bertambah, makin banyak teman atau kepuasan lainnya.

Mencari pengakuan

Jika ada pepatah yang mengatakan bahwa ‘manusia tidak akan pernah merasa puas’, maka jika ditarik garis lurus, maka blogger yang sudah mentok di fase kedua tadi akan berlanjut di fase ini, yaitu mencari pengakuan.

Mencari pengakuan ini bukan berarti negatif. Setiap blogger ingin dikenal berbeda oleh pembaca atau komunitas blogger lainnya. Ada yang ingin dikenal sebagai blogger teknologi, blogger politik, blogger travel, blogger kuliner dll.

Keinginan untuk mendapatkan keuntungan

Setelah mendapatkan pengakuan, biasanya para blogger berfikir untuk mendapatkan keuntungan dari aktifitas ngeblog-nya. Keuntungan disini bisa saja berupa uang ataupun yang lainnya. Hal yang paling sederhana adalah, para blogger yang berada di fase ini akan menempel iklan baik berupa bannner, tulisan berbayar atau yang lainnya.

Biasanya di fase ini, para blogger yang tidak memperoleh keuntungan yang diharapkan akan mulai jarang melakukan update dan mundur teratur.

Menjadi profesional

Ini adalah fase dimana para blogger bisa menggantungkan pendapatannya dari aktifitas ngeblog-nya. Kita mengenal Darren Rowse, Neil Pattel dan beberapa blogger lainnya yang sukses dari ngeblog. 

Nah di fase ini, biasanya blogger akan lebih stabil dalam memberikan update konten, entah itu dilakukan sendiri atau sudah membentuk sebuah tim. Mashable adalah satu dari sekian banyak contoh blog yang akhirnya menjadi sebuah media besar.

Nah itu tadi lima fase ngeblog menurut aku pribadi. Buat kalian para blogger, kalian ada di fase mana sekarang? atau mungkin kalian mau menambahkan?

Iklan

3 pemikiran pada “Fase Dalam Blogging

  1. Menikmati kepuasan ngeblog kemudian mendapatkan keuntungan baru mendapatkan pengakuan kata saya mah..soalnya Banyak yg kolaps di bagian dapat keuntungan sblm mencari pengakuan.. Salam kenal masbro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s