Blog dan Politik

Kemarin, Sabtu 20 Februari 2016, kebetulan aku di undang untuk mengisi pelatihan digital marketing salah satu DPW partai politik di Indonesia. Ini merupakan undangan yang cukup menarik dan di luar kebiasaan, terlebih aku ini tipe orang yang lebih sering menjauhi apa saja yang berbau politik.

Namun karena yang meminta adalah kanca kenthal, dan aku juga ingin mencoba menyelami dunia digital di area yang berbeda, maka kesempatan ini aku ambil saja.

Jika kalian suka mengikuti berita politik, tentu paham betul dengan apa yang terjadi dengan kampanye politik di dunia digital. Saling tebar fitnah dan memberikan informasi tidak akurat adalah salah satu strategi yang digunakan untuk mendulang suara melalui sebuah blog atau website.

Itulah salah satu fungsi blog!

Tapi sebagai seorang warga negara Indonesia yang memiliki etika, dan tentu saja sebagai manusia ciptaan Tuhan, apa iya kita akan menggunakan cara-cara tidak beradab untuk mendapatkan perhatian dari publik?

Sebenarnya, ada banyak manfaat blog untuk kepentingan politik, diantaranya:

Membangun citra

Sebenarnya bukan hanya politisi saja yang membutuhkan pencitraan, akupun bikin blog ini juga ditujukan untuk mendapatkan citra sebagai blogger yang suka berbagi konten-konten keren yang berhubungan dengan blog dan Facebook. Dan pencitraan bukanlah sesuatu yang buruk untuk dilakukan.

Nah bagi partai politik, terlebih bagi seorang politisi, memiliki blog saat ini sangat dianjurkan. Dengan memiliki blog sendiri, para politisi bisa dengan bebas memainkan citra dirinya. Bisa saja dengan menuliskan informasi kunjungan kerja, gaji, aksi kemanusiaan, kegiatan harian dll. Ahok adalah contoh yang cukup bagus menggunakan blog untuk hal ini.

Klarifikasi Isu

Berbeda dengan media konvensional, para politisi bisa dengan mudah melakukan klarifikasi terhadap isu yang merugikan nya. Tak perlu bersusah payah mengundang wartawan, tak perlu khawatir pernyataannya di pelintir dll.

Interaksi dengan masyarakat

Hal penting lainnya adalah, dengan blog kalian para politisi bisa berinteraksi dengan masyarakat secara online. Fitur komentar di blog bisa digunakan untuk hal ini.

Mendapatkan isu / permasalahan yang sedang terjadi

Jika blog sudah ramai dan memiliki interaksi yang baik, biasanya akan ada masyarakat yang melaporkan isu-isu terkini atau permasalahan yang sedang terjadi. Informasi-informasi seperti ini bisa kalian gunakan untuk menangkap fenomena sosial dan bisa digunakan sebagai acuan untuk melakukan tindakan.

Bikin survey independen

Blog juga bisa digunakan sebagai alat survey, paling tidak kalian bisa menjadikan hasil survey ini sebagai perbandingan dengan hasil survey dari lembaga berbayar.

Saya yakin banyak hal yang masih bisa dimanfaatkan dari blog untuk keperluan politik. Jadi ya jika kalian ingin berkarir di dunia politik, segeralah bikin blog dan bangun brand kalian.

Jangan remehkan dunia maya, karena 2 periode lagi, demografi pemilih kalian adalah orang-orang yang sudah sangat akrab dengan internet.

Iklan

3 tanggapan untuk “Blog dan Politik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s