Mengapa CPC AdSense Turun

Beberapa bulan terakhir, saya dan beberapa blogger mengeluhkan tentang nilai cpc AdSense blog berbahasa Indonesia yang semakin turun. Saya ga tahu apakah nilai cpc AdSense blog berbahasa Inggris juga mengalami penurunan, karena saya belum membuat blog berbahasa Inggris untuk monetisasi dengan AdSense.

Di blog berbahasa Indonesia yang saya kelola, tahun lalu saya masih sempat mendapatkan nilai cpc sebesar 0.3 – 0.5. Saat ini, nilai cpc hanya sebesar 0.01 dan kalau beruntung hanya bisa mendapatkan nilai 0.1 saja.

Apa yang menyebabkan cpc AdSense turun?

Pertama, bisa jadi dalam memilih kategori. Beberapa blog yang nilai cpc nya kecil biasanya bermain di kategori teknologi, berita, personal blog dan beberapa tema sejenis.

Sudah bukan rahasia lagi, jika cpc AdSense terbesar berasal dari kategori kesehatan, asuransi, legal dan sejenisnya. Tapi apakah kategori tersebut juga masih memiliki nilai cpc tinggi untuk blog berbahasa Indonesia? Mungkin kalian yang memiliki blog berbahasa Indonesia dengan niche tersebut bisa berbagi cerita melalui kolom komentar.

Kedua, advertiser tidak menemukan demografi potensial melalui AdWords. Alasan ini bisa saja diperdebatkan, tapi jika kalian melihat suggest bid AdWords untuk keyword berbahasa Indonesia sangatlah kecil.

Pemain e-commerce besar sepertinya mengurangi belanja AdWords mereka dan beralih ke media yang lebih spesifik. Mungkin saja.

Ketiga, era mobile. Advertiser akan lebih bisa menargetkan pembeli mereka melalui aplikasi mobile. Turunnya nilai cpc AdSense ini bisa jadi karena para pengiklan lebih suka membelanjakan uang mereka di ranah aplikasi mobile. Jadi jangan heran jika para Developer aplikasi mobile saat ini banyak yang menikmati pundi-pundi dollar dari Network.

Jadi apa yang harus dilakukan?

Jika mengacu pada hal diatas, kalian bisa melakukan hal berikut untuk menghindari kebangkrutan karena cpc AdSense turun.

  1. Cari alternatif Network selain AdSense.
  2. Buat blog berbahasa Inggris/Jerman.
  3. Buat aplikasi atau game mobile.
  4. Pensiun jadi blogger dan cari kerja kantoran.

Apakah kalian memiliki kegalauan yang sama dikarenakan nilai cpc AdSense turun?

Iklan

10 tanggapan untuk “Mengapa CPC AdSense Turun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s