Sudah 2 bulan 7 hari sejak artikel terakhir di blog ini terbit. Sejak saat itu pula, saya tidak membuat tulisan di blog ini. Padahal, saat pertama kali membuat blog ini, saya berencana untuk rajin update paling tidak satu minggu satu tulisan.

Manusia berencana, tingkat kemalasan yang menentukan

Manusia memang ditakdirkan memiliki rasa malas, jadi jika kalian berada di titik ini, itu bukan sebuah masalah. Masalah yang sebenarnya adalah, bagaimana kita bisa bangkit dari kemalasan itu sendiri.

Jika dilihat dari sudut pandang seorang blogger, bagaimana bisa kembali membuat tulisan dan post di blog secara berkala.

Jika kita berbicara tentang rutinitas update blog, ada kalanya seorang blogger (biasanya masih dalam fase awal) bisa menulis dan mempublikasikan satu artikel dalam satu hari. Bahkan bisa lebih. Tapi ketika rasa malas meninabobokan seorang blogger, bukan hanya hitungan minggu, bahkan berbulan-bulan lamanya tidak pernah menulis apapun di blognya. Bahkan, saking jarangnya membuka dashboard blog, username dan password yang dipakai entah apa.

Sebenarnya ada beberapa kiat agar blog yang kita miliki bisa mempublikasikan artikel secara berkala agar terlihat update.Yang pertama bisa kita lakukan adalah, membuat kalender editor, atau jika terlalu malas, target-kan berapa kali posting yang diinginkan dalam satu minggu. Misal, satu minggu satu artikel baru dan tayang setiap hari Senin.

Jika sudah memiliki kalender editor atau target post, maka yang penting dilakukan adalah, menepatinya. Masalah bukan hanya terjadi karena kita terlalu malas, terlalu rajin dalam menulis juga bisa menjadi masalah.

Cepat bosan adalah masalah yang sering dialami para blogger ‘rajin’.

Jika kita berada dalam masa produktif dan bisa menghasilkan 3-5 artikel dalam satu minggu, maka tak perlu terburu-buru untuk mempublikasikan semua artikel tersebut. Berpegang teguhlah pada kalender editor untuk menayangkan artikel seminggu satu kali.

Tak masalah jika kalian masih memiliki tabungan artikel dan masih produktif untuk menulis. Karena artikel-artikel ‘tabungan’ tersebut pasti akan menjadi penyelamat ketika kalian mendapati rasa malas tersebut.

Aku sudah terlalu malas untuk posting

Bagaimana jika? sudah terlalu malas menulis tapi pingin dikenal sebagai blogger? gampang, carilah penulis atau jasa content writer. Di Indonesia layanan seperti ini sudah mulai banyak ditemukan. Ada kontenesia, tulizin dan tentunya jika kalian ingin mencari content writer dengan tulisan berkualitas melalui saya bisa juga sih.

Dengan menggunakan jasa menulis, kalian tak perlu mikir ide atau kalender editor, yang kalian pikirkan hanyalah bagaimana mencari ide tulisan dan membayar jasa penulis tersebut.

Dari dua cara diatas, semua sudah saya lakukan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan

Menulis Sendiri

  • Bisa memasukkan karakter tulisan yang lebih dalam.
  • Kreatifitas bebas.
  • Memahami isi dari tulisan

Menggunakan jasa content writer

  • Tidak perlu memikirkan konten.
  • Memiliki tambahan waktu luang.
  • Update blog teratur.

Kekurangan

Menulis Sendiri

  • Butuh waktu dan tenaga ekstra.
  • Update blog bisa tidak teratur.

Menggunakan jasa content writer

  • Butuh biaya tambahan.
  • Tidak memahami isi artikel secara detil.
  • Rasa memiliki sedikit berkurang.
  • Kualitas artikel mungkin bisa tidak sebaik yang kita harapkan.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang saya rasakan menggunakan dua metode update blog selama ini.

Kekurangan baik dari menulis sendiri ataupun menggunakan jasa bisa saja diminimalisir. Misalnya, kualitas artikel yang buruk bisa disiasati dengan mencari jasa content writer yang berpengalaman dan teruji.

Nah sekarang pilihan ada di tangan kalian, yang penting jangan ‘copas dari grup sebelah’ aja ya, hargai para pembuat konten, agar ekosistem kreatif di Indonesia bisa berkembang lebih baik lagi.

Iklan

7 tanggapan untuk “Bagaimana Agar Blog Rutin Update

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s