#3 Promosikan Blog

Sudah membaca tips membuat artikel keren di tulisan sebelumnya? Sudah berapa artikel yang kalian buat di blog kalian saat ini? Jika kalian sudah memiliki beberapa artikel yang tayang, maka langkah selanjutnya adalah lakukan promosi blog.

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan blog. Di artikel kali ini, saya akan coba memberikan beberapa cara untuk itu. Tapi perlu diingat, perhatikan karakter setiap cara promosi ini, dan tidak semua artikel di blog kalian perlu di promosikan.

Berikut beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk melakukan promosi blog:

  1. Minta kepada blogger lain untuk memberikan link kepada artikel kalian. Ini adalah cara lawas yang masih relevan sampai saat ini. Banyak cara untuk meminta para blogger memberikan link, misal, kita memperbolehkan blogger lain menggunakan konten kita namun dengan menyertakan link sumber aslinya, yaitu blog kalian.
  2. Media social. Tentu kita sudah sangat jamak dengan layanan media social seperti Facebook, Twitter, Path dll. Promosi artikel melalui kanal media social ini lebih mudah, kalian bisa menggunakan akun kalian sendiri atau jika ingin mendapatkan reach yang lebih tertarget, kalian bisa gunakan layanan iklan yang disediakan oleh Facebook atau Twitter.
  3. Sosial bookmarking. Promosikan artikel kalian di layanan seperti KasKus, Xplore dan layanan-layanan sejenis.
  4. Buat link internal. Jika blog kalian sudah mulai ramai pengunjung, memberikan link internal di artikel terkait akan membantu meningkatkan jumlah views, time on site dan bounce rate.
  5. Newslatter. Promosikan secara berkala artikel-artikel secara tematik melalui email. Tapi ingat, jangan terlalu sering blast email kepada pembaca, karena akan dianggap spam. Baca etika email marketing di artikel ini.
  6. Komentar di blog atau forum. Berikan komentar yang baik dan membantu. Pemilik blog akan senang jika mendapatkan interaksi yang baik, bukan sekedar komentar spam yang mencari backlink saja.
  7. Email signature. Selalu sertakan alamat blog kalian di email signature, selain sebagai branding, hal tersebut juga akan memancing rasa penasaran penerimaan emailn untuk mengunjungi blog kalian.
  8. Jangan biarkan artikel lama. Meskipun artikel kalian sudah berusia berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, selalu lihat apakah ada artikel yang memiliki jumlah pengunjung sedikit vs artikel dengan pengunjung banyak. Berikan link artikel yang memiliki view sedikit ke artikel dengan view banya. untuk melakukan promosi artikel secara internal.
  9. Iklan. Ini adalah cara cepat untuk melakukan promosi. Kalian bisa menggunakan layanan iklan di FB, Twitter, AdWords, Path dll.

“Duh malu mas, masak blogger pemula udah main promosi segala”. Jangan khawatir, semua blogger banyak yang mengalami hal tersebut. Tetap yakin dan jangan malu untuk mempromosikan blog kalian sendiri.

Nah itulah seri ketiga dari artikel berseri mengenai 31 hari membuat blog keren. Tunggu artikel selanjutnya.

So, keep in touch and see you tomorrow.

Iklan

3 tanggapan untuk “#3 Promosikan Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s