Belajar Crypto: Koin Micin dan Rugpull

Di artikel belajar crypto sebelumnya, aku menuliskan apa saja hal-hal yang kudapatkan ketika pertama kali terjun di dunia koin digital tersebut.

Nah di artikel ini, aku akan berbagai bagaimana aku bergelut dengan koin micin dan bagaimana aku bisa kehilangan 100% modal ku karena terkena rugpull.

Belajar Crypto: Koin Micin

Oke, buat yang baru di dunia crypto, mungkin masih bingung dengan istilah koin micin. Apa itu? kenapa bisa disebut koin micin?

Singkatnya, koin micin itu koin yang baru aja dibuat oleh developer dan kegunaan/project nya masih gak jelas. Pembuatnya masih sebatas menjual mimpi dan angan-angan. Ya mirip sama penjual money game dan MLM berbasis skema ponzy lah.

Koin micin juga biasanya dibanderol dengan harga yang sangat murah, bahkan kalau kalian pakai aplikasi Coinmarketcap, angka 0 dibelakang koma sampai tak terlihat. LOL!

Koin micin biasanya gak dipajang di exchange besar seperti Binance, karena untuk masuk kesana dibutuhkan modal yang cukup besar.

Tapi mengapa koin micin selalu ada dan tetap diburu oleh para pencari pesugihan online?

Tentu saja karena potensi koin micin ini bisa membuat kamu menjadi OKB hanya dalam waktu singkat.

Bayangkan saja, dengan modal hanya 100 ribu, kalian sudah bisa membeli ratusan atau bahkan mungkin jutaan koin. Dan jika beruntung, maka uangmu bisa kembali ratusan bahkan mungkin ribuan kali lipat.

Jika tak percaya, tanyalah pada pemilik awal koin DOGE dan SHIBA yang mendadak jadi OKB gara-gara koin tersebut di “endorse” oleh Elon Musk dan mendadak melambung tinggi.

Tapi apa yang terjadi jika kalian apes dalam memilih koin micin ini? ya tentu duit kalian akan hilang seperti yang aku alami.

Rugpull

Sesuai namanya, rugpull berarti gulung tikar. Di dunia kripto, rugpull merupakan nasib akhir dari sebuah koin yang tidak lagi diteruskan proyek nya oleh si pengembang.

Bagi kita, apabila koin yang kita miliki sudah rugpull adalah sebuah pertanda bahwa duit melayang sia-sia. Dan aku mengalami hal itu.

Dalam kasusku, sebenarnya pihak developer nya cukup baik untuk mengumumkan untuk buy back koin mereka.

Aku membeli dua koin micin, BurnDoge dan BNBeans. Hanya hitungan minggu aku membeli koin kedua, si developer mengumumkan bahwa koin yang mereka kerjakan dinyatakan rugpull.

Memilih Koin Micin

Seperti uraian di atas, tak selamanya koin micin itu merugikan, jika kalian bisa memilih dan diberikan keberuntungan, maka kekayaan bisa menghampiri kalian.

Sebelum mencoba memilih ribuan koin micin yang ada di jagat kripto, kalian harus menggunakan uang dingin untuk berinvestasi. Pastikan jangan pakai uang hutang, uang sekolah, tabungan atau menggadaikan sertifikat tanah.

Selain itu, perlu diingat, investasi merupakan hal paling paripurna dalam masalah keuangan. Selesaikan dulu masalah wajib dalam keuangan seperti membayar hutang, dana darurat dll.

Jika hal-hal di atas sudah kalian selesaikan, maka kalian bisa lanjut membaca.

Disclaimer: not financial advice

1. Developer Jelas

Ini sih hampir mustahil bisa kita dapatkan. Kebanyakan koin micin selalu menyembunyikan identitas developer nya. Kenapa? ya mungkin banyak alasan, tapi klo menurutku, biar klo gagal gak malu, atau klo mau nipu gak ketahuan.

Developer akan mulai menampilkan diri jika koin mereka sudah mulai bagus dan terdaftar di exchange populer.

Fakator ini bisa saja kalian sampingkan, namun ya tetap harus jadi patokan untuk tetap hold atau langsung jual ketika sudah cuan.

2. Whitepaper

Setiap koin pasti memiliki Whitepaper/project. Sebelum membeli koin, pastikan kalian membaca Whitepaper nya terlebih dahulu. Project apa yang dikerjakan, bakal seperti apa koin nya, dll.

3. Roadmap

Koin micin berada di level awal pengembangan, dan biasanya developer memiliki rencana pengembangan untuk koin tersebut. Misal pada Q3 tahun 2021 akan masuk exchange, dll.

Pastikan kalian memantau dan memastikan bahwa roadmap dari developer tersebut tepat waktu.

4. Aset Digital

Cek aset-aset digital yang mereka miliki. Domain mereka apakah gratisan? ekstensi domainnya apakah yang paling murah? server mereka apakah gratisan? akun media sosial mereka apakah banyak followernya? grup Telegram nya apakah aktif dan berisi orang-orang beneran, bukan bayaran, tim hore atau bahkan bot? dll

5. Marketcap

Kalian bisa lihat nilai marketcap suatu koin melalui aplikasi atau layanan seperti Coinmarketcap, Coingecko dll.

Semakin besar Marketcap seuatu koin, maka menandakan koin itu adalah koin yang banyak diminati pasar.

Nah itulah beberapa faktor yang bisa dijadikan tolak ukur saat kalian ingin membeli koin micin. Sekali lagi, prinsip dalam membeli koin micin adalah, go big or go home.

QUOTE OF THE DAY

Bekerjakeraslah! hingga tetanggamu mengira kamu melakukan pesugihan

Follow bisa dong