Categories
Nomadic Life

Festival Tanjung Kelayang Belitung: Pengalaman Unik dan Menyenangkan

Tahun ini, aku beruntung banget bisa menyaksikan festival Tanjung Kelayang yang kedua. Festival tahunan ini adalah yang kedua, yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung.

Festival Tanjung Kelayang ini termasuk 100 event tahunan yang dicanangkan langsung oleh pemerintah Republik Indonesia melalui kementrian pariwisata.

Di festival kali ini, aku banyak melihat parade kebudayaan baru di kabupaten Laskar Pelangi ini. Bukan hanya budaya dari warga Belitong, aku bisa melihat berbagai budaya dari berbagai daerah di Indonesia di Parade Budaya.

Menurut Bapak Rohili, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Belitung, kabupaten ini ditinggali berbagai macam suku dan etnis yang ada di seluruh Indonesia. Dan mereka bisa berbaur dengan damai dan saling menghargai satu sama lain.

festival tanjung kelayang

Selain Parade Budaya, festival Tanjung Kelayang 2019 juga menampilkan drama kolosal, lomba membuat bentuk dari pasir pantai, lomba lukis, fotografi dll. Yang membuatku tersenyum adalah, dinas pariwisata Belitung membuat kompetisi vlog di festival ini.

Menurut Bapak Rohili, kompetisi vlog ini bertujuan untuk mengajak anak-anak muda di Belitung menjadi aktif dan kreatif memanfaatkan channel digital yang ada sebagai wadah untuk membuat karya yang bisa yang digunakan sebagai promosi wisata Belitong.

Ada satu hal menarik tentang kalimat “lets go Belitung” yang menjadi slogan dari kabupaten tersebut. Aku mengira, slogan tersebut berarti mengajak orang untuk mengunjungi Belitong, namun ternyata tidak.

Menurut pak Rohili, slogan tersebut menggambarkan bahwa “Belitung ayo pergi” yang artinya Belitong bergerak untuk terus tumbuh dengan subur dan melaju dengan pesat di berbagai sektor, termasuk pariwisata.

festival tanjung kelayang

Belitong merupakan tempat yang indah dan masih asri. Beberapa orang lokal mengatakan kepadaku sebuah mitos, “barangsiapa yang pernah meminum air di sana, maka orang tersebut akan kembali lagi.”

Well, harus diakui, Belitong memang tempat yang ngangenin. Meski belum tahu kapan, tapi aku sudah berniat untuk kembali lagi kesana.

Lets Go Belitung!

Leave a Reply