2021: Sebuah Wacana Awal Tahun

Jika kalian berada di umur kepala 3, membuat resolusi di awal tahun terasa “sia-sia”. Apalagi jika resolusi-resolusi tahun sebelumnya hanya tinggal kenangan saja.

Ditambah lagi melihat kondisi saat ini (pandemi), untuk membuat berbagai macam target pun rasanya sudah tidak ada keinginan. “Aku hanya ingin survive dari keadaan gila ini!”, mungkin itu saja yang terlintas di kepala kalian saat ini.

Tapi buatku, membuat resolusi di tahun ini sedikit istimewa, karena ini adalah resolusi pertama yang aku tulis selama hidup :))

Jadi, mau ngapain aja aku di tahun 2021?

Di bulan ini, aku baru saja melepas salah satu usahaku, oleh karenanya aku ingin di tahun 2021 kembali memiliki bisnis yang establish dan bisa menghidupi beberapa orang.

Sebagai wirausahawan, aku ingin menyeriusi beberapa bisnis yang aku rintis. Mulai dari digital content, SaaS dan hobi.

Digital content sebenarnya adalah usaha pertama ku sejak tahun 2010. Tapi selama ini, aku menganggap usaha ini sebagai usaha sampingan saja. Jadi di tahun 2021, digital content akan aku seriusi dan kuperlakukan seperti bisnis utama. No play play.

Untuk bisnis lain, aku punya usaha rintisan yang bergerak di bidang SaaS (software as a service). Usaha ini aku dirikan bersama beberapa teman dan kebetulan aku menjadi CEO-nya.

Usaha yang baru kami rintis di tahun 2020 ini akan aku jadikan bagian pencitraan (dan cuan) berikutnya (setelah usahaku yang lama aku jual), karena aku merasa usaha ini lebih memiliki karakter yang high profile.

Untuk usaha yang bergerak di bidang hobi, ini hanyalah keinginanku untuk berbisnis dengan fun. Meskipun tidak akan menjadi fokus utama, tapi bisnis ini akan menjadi dasar untuk ceritaku di investasi yang menyenangkan. Aku menyebutnya funvestment.

Tujuan pribadi, aku ingin bisa kembali rajin membaca (yang mana kebiasaan ini udah hilang sejak lama sekali) dan menambah ilmu di luar bidang kerjaku saat ini. Yang sangat ingin aku pelajari adalah literasi keuangan.

Membaca tak hanya buku, blog, web atau tulisan-tulisan digital yang bisa membantu untuk mengembangkan diriku. Aku udah memiliki akun Medium Pro, di mana banyak tulisan bagus di sana.

Tujuan hedonism, aku ingin melengkapi koleksi diecast hotwheels Mini yang belum aku miliki. Saat ini, untuk official list, aku hanya kurang satu varian saja. Sedangkan untuk non-official, aku kurang tau ada berapa jumlahnya.

Selain itu, jika pandemi sudah berakhir, aku ingin menambah jam terbang alias kembali bepergian ke luar kota atau luar negara. Yang mana di tahun 2020 paspor ku masih suci nan polos, belum ternoda oleh cap imigrasi sama sekali.

Beberapa negara incaran adalah Jepang, Korea Selatan dan Asia Tenggara. Dan sebisa mungkin sih bisa mencicipi rute sepedaan di sana.

Itu tadi adalah beberapa resolusiku di tahun 2021. Ya mudah-mudahan bisa tercapai lebih dari 60% lah.

Jadi, apa resolusi kalian di 2021?

QUOTE OF THE DAY

Bekerjakeraslah! hingga tetanggamu mengira kamu melakukan pesugihan

Follow bisa dong