Categories
Log

HBD ASUS yang ke 30

Untuk sebuah perusahaan teknologi, bisa merayakan ulang tahun yang ke 30 bukanlah hal mudah. Dibutuhkan konsistensi, inovasi dan penguasaan pasar agar bisa tetap eksis bersain dengan perusahaan lain.

ASUS, sebuah perusahaan teknologi yang dikenal sebagai pembuat laptop dan smartphone adalah salah satu dari beberapa perusahaan yang mampu bertahan hingga diusia 30 tahun. Tepat di tahun 2019 ini, perusahaan asal Taiwan ini genap merayakan kiprah mereka yang ke 30 di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, ASUS cukup dikenal dan bahkan merajai pasar laptop, baik untuk yang entry-level hingga ke laptop yang dikhusukan untuk para gamers (ROG).

Seperti yang disampaikan oleh mas Muhammad Firman sebagai Head of Public Relation ASUS Indonesia pada acara roadshow di Yogyakarta, ASUS berhasil mendominasi pasar laptop konsumer dengan 41% dan laptop gaming di angka 57%.

Bisa dibayangkan, dengan dominasi seperti itu, apa yang telah dilakukan oleh ASUS sangatlah luar biasa.

Tapi seperti sebuah keharusan yang dilakukan untuk semua perusahaan teknologi dunia, tidak ada waktu untuk selebrasi terlalu lama. Di tahun 2019, ASUS pun mencanangkan target yang cukup ambisius.

Mereka ingin mencapai market share 50% untuk pasar laptop konsumen, 60% untuk pasar gaming, 30% untuk pasar pemerintahan, SMB dan sekolah, serta bisa menjaga militansi pengguna smartphone mereka yang diberi nama ZenFans.

Lini smartphone dari ASUS memang berbanding terbalik dengan divisi laptop mereka. ASUS terlempar dari 5 besar, tergusur oleh pendatang baru Realme. Ya semoga saja ASUS bisa menemukan strategi jitu untuk mengembalikan kejayaan mereka di lini ponsel pintar.

Selain ingin mengembangkan lini yang sudah ada, di tahun 2019 ini ASUS juga mulai kembali melirik pasar bisnis yang sempat ditinggalkan hampir 2 tahun belakangan ini. ASUS berencana akan merilis suksesor ASUSpro dibulan Agustus ini.

Sekali lagi, selamat ulang tahun yang ke-30, semoga makin sukses dan inovatif.

Oh ya, request dong, mbok ya logo ASUS diganti, kayak ROG itu lho, kan keren.

Leave a Reply